Portal Berita Resmi Humas Pemda Berau

Popular Post




Sejuta Daya Tarik Wisata Berau Menanti

Posted by On Desember 30, 2017

Objek wisata sekelas Ancol, Jakarta, juga harus terus melakukan berbagai inovasi, termasuk menempatkan sejumlah suguhan unik dan menarik.
Ada saja hal baru yang bisa disaksikan di sejumlah lokasi yang ada dalam kawasan Taman Impian Jaya Ancol (TIJA) Jakarta. Ini merupakan tuntutan pengunjung. Terutama inovasi kekinian. Dan, bila itu diterapkan di Kabupaten Berau, diyakini akan memberikan hiburan memuaskan bagi wisatawan.
=========
KOMPLEKS wahana Sea World, sengaja ditata dalam nuansa redup. Maksudnya tidak lain, agar pengunjung tak ada hentinya bisa lebih fokus melihat pemandangan bawah laut tersebut. Lorong kecil yang membawa seolah pengunjung ada di dasar laut, tak perlu melangkah. Ada sisi yang dibuat konstruksi ban berjalan, ada pula lantai permanen. Cukup hanya memutar pandangan melihat biota laut yang bergerak dengan jarak yang sangat dekat.
Akuarium raksasa ini bila melihat jenis ikan yang ada, belumlah terwakili seluruh kehidupan bawah laut. Termasuk biota laut yang ada di Berau. Ada akuarium yang didominasi ikan Putih berukuran kecil hingga sedang, ada pula akuarium khusus berisi ikan Hiu. Dan, pada jam tertentu, ada pertunjukan dua orang penyelam yang bermain di antara biota dalam akuarium tersebut.
Pada bagian lain, beberapa akuarium yang diperkuat dengan pencahayaan cukup terang, beberapa jenis ubur-ubur yang sengaja disimpan. Ini juga bagian dari pembelajaran bagi pengunjung. Namun, ketika Wabup Berau Agus Tantomo bersama Dirut Taman Impian Jaya Ancol, C Paul Tehusijirana berkunjung ke tempat itu, tak melihat ubur- ubur yang jenisnya sama dengan yang ada di Pulau Kakaban. “Kalau yang di Kakaban tidak menyengat bahkan bisa menyelam bersama,” kata Agus.
Jenis ubur-ubur di Pulau Kakaban itulah yang diharapkan dapat menghiasi “Berau Corner” kelak setelah semua persiapan telah selesai. Ada juga jenis Penyu Hijau berukuran sedang yang menarik perhatian ribuan pengunjung yang masuk di arena Sea World tersebut. Memang hanya terlihat satu ekor. “Kita bisa lengkapi menjadi beberapa ekor, jenis Penyu Hijau maupun Penyu Sisik,” ungkap Agus Tantomo.
Ada pemandangan yang bila sepintas tidaklah menarik perhatian. Namun, ketika dicermati bisa saja ide itu diterapkan di lokasi daya tarik wisata di Kabupaten Berau.  Sebuah mobil berukuran kecil serta bangunan ruang telepon umum. Keberadaan dua objek tersebut ternyata juga sebagai bagian dari wahana bawah laut.
Mobil maupun tempat telepon umum, ternyata difungsikan sebagai akuarium yang di dalamnya berisi ikan berukuran kecil. “Menarik bila kita buat di Berau, di daerah tujuan wisata,” ungkap wabup lagi.
Kunjungan selama hampir 3 jam dengan melihat beberapa titik di kompleks Ancol yang luasnya sekitar 147 hektare itu, tidak semua dikunjungi oleh wabup bersama manajemen PT Jaya Ancol. Sebab yang direncanakan, bagaimana menghadirkan Berau dan bisa disaksikan sekitar 14 juta lebih pengunjung Taman Impian Jaya Ancol setiap tahun.
Dan ketika “Berau Corner” benar-benar terwujud, ini akan menjadi ajang promosi yang luar biasa. Orang tentu ingin melihat bagaimana keindahan bawah laut, serta keanekaragaman biota laut yang ada dan menghuni bawa laut Kabupaten Berau.
Masih harus menunggu bentuk kerja sama maupun penyiapan wahana yang sepenuhnya akan dibangun manajemen PT Jaya Ancol. Sebab, ditempat ini, juga harus ada sesuatu yang baru, melengkapi wahana yang sudah ada dan cukup dikenal masyarakat selama ini.
Bila nanti, ada akuarium raksasa dan di tempatkan Whale Shark ataupun Penyu Hijau serta Penyu Sisik, miniatur terumbu karang, dan banyak lagi yang bisa ditonton, maka orang akan semakin banyak mengenal daerah tujuan wisata di daerah ini.
“Kita masih harus menunggu, sebab semua harus dimulai dengan sebuah perjanjian, sebuah survei dan semua melalui prosedur persyaratan perizinan,” kata Agus Tantomo. (hms)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »