Portal Berita Resmi Humas Pemda Berau

Popular Post




Bupati Hadiri Musrenbang Tingkat Provinsi Kaltim

Posted by On April 16, 2018

Bupati Muharram menandatangani berita acara kesepakatan musrenbang RKPD Pemprov Kaltim Tahun 2019 bersama Gubernur Awang Faroek Ishak.
Pengembangan sektor pariwisata yang kini digencarkan Pemerintah Kabupaten Berau mendapat dukungan penuh Pemerintah Provinsi Kalimantan Timur. Gubernur Kaltim, Awang Faroek Ishak, telah menetapkan Bumi Batiwakkal sebagai pusat pengembangan industri pariwisata Kaltim. Khususnya pengembangan wisata bahari Kepulauan Derawan dan Maratua. Hal itu diungkapkan Gubernur Kaltim, saat memberikan arahan di pembukaan musyawarah rencana pembangunan (Musrenbang) Tingkat Provinsi Kalimantan Timur, di Ballroom Hotel Novotel Balikpapan, Senin (16/4) kemarin. Musrenbang Kaltim dihadiri langsung, Bupati Berau, Muharram, bersama Ketua DPRD, Syarifatul Syadiah, yang didampingi jajaran asisten dan organisasi perangkat daerah  (OPD) terkait.
Lebih lanjut Gubernur Kaltim dalam sambutannya, mengungkapkan dalam pengembangan wisata khususnya di Kepulauan Derawan, Maratua dan sekitarnya mendapat dukungan dari Pemerintah Republik Seychelles yang telah sukses dalam pengembangan wisata bahari. Sehingga dengan kerjasama ini akan semakin mendorong percepatan pembangunan pariwisata di Kabupaten Berau. “kita bekerjasama dengan pemerintah Seychelles bersama sama pemerintah Provinsi Kaltim dan Kabupaten Berau dalam pengembangan pariwisata Derawan dan sekitarnya, terutama di kepulauan Maratua,” ungkapnya.
Dalam pembangunan Kaltim yang berkelanjutan diungkapkan Awang Faroek transformasi ekonomi dari  yang berbasis ekonomi sumber daya alam yang tak terbarukan menjadi ekonomi Kalimantan Timur yang berbasis sumber daya alam terbarukan. Termasuk dalam pengembangan pariwisata dan usaha mikro kecil menengah (UMKM), Saat ini Kaltim ditegaskannya telah memiliki pusat pusat industri yang akan terus berkembang. “Sesuai dengan visi Kaltim 2030 yang sampai saat ini hingga 2020 nanti berada pada periode peningkatan nilai tambah dan penguatan rantai nilai. Pada periode ini diharapkan Kaltim terus mengembangkan industri migas, pengembangan industri turunan kelapa sawit, pengembangan sektor perdagangan dan jasa dan terus mendorong pengembangan sektor pertanian dan industri turunannya,” jelasnya.
Dalam musrenbang dengan tema memperkuat daya saing investasi untuk mempeercepat hilirisasi industri, Pemerintah Kabupaten Berau sesuai rencana kerja pemerintah daerah (RKPD) tahun 2019 menyampaikan program prioritas untuk mendapat alokasi di APBD Provinsi Kaltim maupun APBN. Seperti peningkatan kualitas infrastruktur dasar, terutama peningkatan akses jalan provinsi dari Sambaliung menuju Talisayan sepanjang 182,16 km yang mengalami kerusakan. Serta usulan peningkatan runway bandara Kalimarau maupun peningkatan jalan dalam Kota Tanjung Redeb. Dalam sektor pariwisata Pemkab Berau juga mengusulkan pembangunan dermaga di destinasi pariwisata maupun dukungan fasilitas dan sarana jalan utama di destinasi wisata. Pengembangan ekonomi kerakyatan dan pengembangan agribisnis, serta pendidikan dan kesehatan juga menjadi usulan untuk mendapat dukungan provinsi dan pusat. “Kita menyampikan beberapa usulan yang telah dirumuskan di daerah untuk mendapat dukungan anggaran dari pemerintah provinsi dan juga anggaran pusat,” ungkap Bupati Muharram disela mengikuti musrenbang. (hms4)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »