Portal Berita Resmi Humas Pemda Berau

Popular Post




Bupati Ingatkan Perintah Shalat Lima Waktu

Posted by On April 16, 2018

Bupati Muharam menghadiri peringatan Isra Mi'raj di Kampung Labanan Makmur.
Bupati Muharram menghadiri peringatan Isra Mi’raj Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam 1439 H/2018 M, Minggu (15/4) malam di Masjid Jami At Taqwa Kampung Labanan Makmur. Dalam peringatan ini bupati kembali mengingatkan umat Islam untuk menjalankan shalat lima waktu sesuai dengan perintah agama.
Dalam sambutannya, Bupati Muharram menyampaikan peristiwa Isra Mi’raj pada malam 27 Rajab sebagai sejarah awal diwajibkan shalat lima waktu bagi umat Islam di seluruh dunia. Ia mengatakan, Isra Miraj adalah dua bagian dari perjalanan yang dilakukan Rasulullah Sallallahu Alaihi Wasallam dalam waktu satu malam. Ini merupakan salah satu peristiwa penting dalam Islam karena Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam mendapat perintah menunaikan shalat lima waktu sehari semalam.
“Kenapa shalat lima waktu ini sangat penting dan wajib hukumnya karena diperintahkan langsung oleh Allah SWT kepada Nabi Muhammad dan tanpa melalui perantaraan malaikat,” jelas Muharram.
Ia mengatakan, diantara seluruh rukun Islam, shalat lima waktu merupakan satu-satunya yang tidak boleh ditinggalkan dalam kondisi apa pun. Sehingga umat Islam harus menjalankannya dan tidak boleh meningalkan sekali pun. “Puasa boleh ditingalkan kalau sakit dan diganti dengan ganti hari lain, musafir juga boleh batalkan puasa. Begitu juga dengan zakat yang masuk rukun Islam, ketika kurang mampu maka tidak wajib justru kita yang menerima. Haji pun demikian, yang diperuntukan bagi umat yang mampu menjalankan. Tetapi tidak ada dispensasi dengan shalat lima waktu untuk ditingalkan,” tegas Muharram.
Menurutnya, sukses atau tidaknya perayaan Isra Mi’raj ini bergantung pada hasil yang didapatkan oleh seluruh umat Islam yang menghadiri. Dengan mengaplikasikan shalat lima waktu dan tidak lagi meningalkan untuk kedepannya. “Ketika pulang nanti jangan ada lagi masyarakat yang meningalkan shalat lima waktu. Saya juga mengajak kita semua yang ada di sini untuk memakmurkan masjid masing-masing dengan membudayakan shalat berjamaah. Mari kita ciptakan generasi yang pintar membaca Al-Quran dan menjalankan shalat lima waktu,” pungkasnya. (hms5)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »