Portal Berita Resmi Humas Pemda Berau

Popular Post




Peran Humas Bagi Pemerintah Daerah

Posted by On April 10, 2018


Bupati Muharram menyerahkan cindera mata kepada Asisten I Setda Pemprov Kaltim, Sabani dalam Raker Kehumasan se-Kalimantan Timur tahun 2018, Senin (9/4) malam di Balai Mufakat.

Bupati Muharram mengakui bahwa kehumasan menjadi bagian yang tak terpisahkan dalam menjalankan roda pemerintahan. Pasalnya kehumasan memiliki peran sangat strategis untuk mendukung kinerja pemerintah daerah. Mengingat perannya yang sangat kompleks dalam pengambilan kebijakan.
Hal tersebut disampaikan Bupati Muharram dalam pembukaan rapat kerja (Raker) Kehumasan se-Kalimantan Timur tahun 2018, Senin (9/4) malam di Balai Mufakat. Dihadapan pada peserta yang dihadiri oleh bagian kehumasan di kabupaten/kota di Kaltim, Muharram menegaskan bahwa humas memiliki peran dan fungsi penting bagi pemerintah daerah. Tentu peran yang ada ini harus dimaksimalkan untuk mendukung segala kebijakan yang akan dijalankan dan dilakukan. Sehingga target akhir dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat dan pemerataan pembangunan bisa tercapai.
Bupati Muaharram menyampaikan kehumasan menjadi back up pemerintah dalam mengambil keputusan dan kebijakan. Dengan mempertimbangkan kondisi yang ada di masyarakat tentu kebijakan yang akan diambil harus disesuaikan. Begitu juga dengan program-program strategis yang akan dijalankan pemerintah. Kehumasan diharapkan mampu menerjemahkan untuk diteruskan kepada seluruh masyarakat. “Memberikan informasi yang tepat dan sesuai, sehingga kebijakan yang dilakukan pemerintah daerah bisa diketahui secara luas. Apa saja yang telah dicapai pemerintah daerah selama ini,” ujarnya.
Bupati juga menegaskan saat ini tantangan kehumasan juga sangat tinggi. Dimana kemajuan teknologi yang sangat cepat menjadi bagian dalam tantangan ini. Diakui bahwa saat ini seluruh masyarakat bisa mendapatkan informasi dengan cepat melalui sosial media. Tentu dalam hal ini, kehumasan harus meningkatkan peran dan fungsinya dalam menangkal berbagai informasi yang kebenarannya belum jelas khususnya pada kinerja pemerintah daerah.  “Jadi humas harus lebih cepat dan tangap, sehingga informasi ini bisa tepat diterima masyarakat,” harapnya.
Sementara Asisten I Setda Pemprov Kaltim, Sabani mengatakan bahwa peran kehumasan saat ini jangan hanya dijadikan rutinitas semata namun mampu mengemas informasi sehingga tidak menghasilkan hal yang konfrontatif di masyarakat. Berbagai kebijakan yang dilakukan pemerintah daerah harus disampaikan secara tegas dan dapat diterima oleh masyarakat. “Sangat penting kehumasan ini, jadi harus terus diperbaharui sumber daya manusia (SDM) di dalamnya,” pungkasnya. (hms5)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »