Portal Berita Resmi Humas Pemda Berau

Popular Post




Utamakan Rekrut Tenaga Kerja Lokal

Posted by On April 11, 2018


Bupati Muharram menyematkan perlengkapan alat pelindung diri (APD) secara simbolis kepada peserta yang mengikuti program basic operator angkatan IV PT Buma

Masuknya investasi ke daerah diharapkan memberikan dampak terhadap peningkatan perekonomian masyarakat. Termasuk terbukanya lapangan kerja bagi tenaga kerja lokal. Sehingga keberadaan perusahaan didaerah diharapkan dapat mengutamakan rekrutmen tenaga kerja lokal. Hal itu ditegaskan Bupati Berau Muharram, saat menyambut dan menutup program basic operator angkatan IV tahun 2018 yang digelar PT Bukit Makmur Mandiri JOB Site Lati, di Balai Mufakat Tanjung Redeb, Senin (9/4) kemarin.
Bupati Muharram memberikan apresiasi kepada perusahaan yang telah berkomitmen dan mampu mengakomodir dalam merekrut putra daerah yang diawali dengan pendidikan dan pelatihan sebagai bekal untuk bekerja di lapangan, seperti yang telah diterapkan PT Buma sebagai kontraktor dari PT Berau Coal. “Mari kita bersinergi dan saya bangga ketika banyak pengusaha yang datang ke Berau, tapi saya lebih bangga lagi ketika mampu mengakomodir tenaga tenaga kerja lokal yang ada di Kabupaten Berau, selama masih layak dan mampu diupograde kemampuannya,” tegasnya.
Apa yang telah dilakukan PT Buma dalam rekrutmen tenaga kerja ini diharapkan Muharram dapat diterapkan bagi perusahaan lain yang ada di Kabupaten Berau. sehingga persoalan pengangguran akan teratasi dengan sistem perekrutmen tenaga kerja yang baik oleh seluruh perusahaan. Terutama melalui pendidikan dan pelatihan dalam upaya mengupgrade kemampuan sehingga sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
Melalui program pendidikan dan pelatihan bagi putra daerah ini menurut Muharram sangat penting dalam upaya peningkatan kompetensi. Seperti yang telah dilakukan salah satu perusahaan di Berau dengan membangun sekolah kejuruan sesuai dengan kebutuhan dari perusahaan tersebut. sehingga setelah lulus seluruh lulusannya akan bisa bekerja di perusahaan tersebut. Pola ini menurut Muharram dapat diterapkan bagi perusahaan lain.
Kepada peserta program basic operator diharapkan Muharram dapat mengikuti pelatiha yang diberikan dengan baik dan nantinya saat bekerja dalam melaksanakannya dengan baik. Terlebih dari pelaksanaan seleksi begitu ketat, dari lebih 400 peserta yang mendaftar, hanya sebanyak 29 peserta yang diterima dan mengikuti program ini. “Syukuri prestasi ini dan laksanakan tugasnya selama pelatihan ini dengan baik sehingga nanti akan bekerja dengan optimal,” tegasnya.
Manajemen PT Buma, Hayono dalam sambutannya menyampaikan sebanyak 29 putra Kabupaten Berau telah selesai mengikuti pelatihan dasar bina mental dan fisik (Bintalsik) di Balikpapan selama dua minggu yang dilanjutkan dengan in class training dalam rangka pengenalan saftey dan budaya kerja Buma. Selanjutnya seluruh peserta akan mengikuti in class dan praktek langsung di lapangan di Site Lati sampai bulan Juni mendatang yang selanjutnya menjaga operator yang siap kerja.
Program basic operator dijelaskannya telah dilaksanakan Buma sejak 2009 yang jumlahnya terus bertambah setiap tahun dan lulusannya telah tersebar di semua site di seluruh Indonesia. Di Kabupaten Berau program ini telah memasuki angkatan IV yang pada tahun 2018 ini akan dilaksanakan dua angkatan. “Mereka ini adalah calon penerus generasi Buma,” tandasnya. (hms4)
Next
« Prev Post
Previous
Next Post »